Film Yang Berceritakan Matematika - Cerita Hot | Cerita Sex | Cerita ML | Cerita Dewasa | Foto Bugil

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, February 20, 2015

Film Yang Berceritakan Matematika

Dari sekian banyak film yang ada di dunia ini, ternyata ada beberapa diantaranya yang ‘mengandung’ unsur matematika. Ada yang alur ceritanya mengisahkan tentang perjalanan hidup seorang matematikawan yang terkenal, ada tentang anak jenius yang begitu hebat dalam bidang matematika atau cerita yang ada scene nya tentang matematika.

Berdasarkan daftar film-film yang telah gw tonton, informasi dari teman-teman dan hasil bertanya ke Om Google, maka saya mencoba membuat daftar judul film-film yang layak atau wajib ditonton oleh para matematikawan dan orang yang berkutat dengan bidang ini.


1. A Beautiful Mind (2001)


Film ini berkisah tentang perjalanan hidup seorang matematikawan Amerika bernama John Nash tentang penemuan spektakulernya dibidang matematika dan juga penyakit yang dideritanya. Nash diceritakan sebagai mahasiswa pascasarjana di Universitas Princeton pada tahun 1948 dan hampir gagal menyelesaikan studinya. Dia berusaha keras menemukan sesuatu yang unik
, sebuah teorema matematika yang betul-betul baru. John kemudian menjadi professor di MIT (Massachusetts Institute of Technology) dimana dia kemudian bertemu dan menikah dengan mahasiswanya sendiri, Alicia.

Selama perjalanan hidupnya, John Nash kemudian mulai berhalusinasi dengan teman bayangannya dan akhinya terdiagnosa menderita penyakit schizophrenia. Seiring dengan hilangnya kesadaran Nash tentang dunia nyata, ia kemudian diacuhkan dari masyarakat dan kemudian dirawat di rumah sakit. Kemudian ada tahun 1970an, dia kemudian kembali di dunia akademik dan secara perlahan kembali mengajar dan meneliti. Pada tahun 1994, John Nash kemudian menerima Nobel di bidang Ekonomi.


2. Good Will Hunting (1997)


Film ini mengisahkan tentang perilaku dan perjalanan hidup seorang anak muda yang berjuang menemukan jati dirinya. Film yang mengambil setting di Boston, Massachusetts ini menceritakan tentang kisah hidup Will Hunting yang bekerja sebagai janitor (orang yang bertugas sebagai tukang bersih-bersih di sebuah gedung) di Massachusetts Institute of Technology (MIT), namun mempunyai pengetahuan yang luar biasa dibidang matematika. Bahkan ia diceritakan lebih hebat dari pada semua mahasiswa matematika di universitas tersebut.


3. Proof (2005)


Film bergenre drama ini menceritakan tentang Catherine yang merawat bapaknya, seorang matematikawan yang birilian, Robert, yang terdiagnosa menderita penyakit schizophrenia. Ketika Robert meninggal, salah seorang mantan mahasiswanya, Harold ingin mempelajari catatanya berharap menemukan sesuatu. Catherine kemudian mencurigainya untuk mengambil ide dari bapaknya
untuk dirinya sendiri. Namun kemudian saudaranya, Claire, meyakinkannya bahwa dugaan Catherine salah. Harold pun memulai hubungan baik dengan Catherine dan berhasil menemukan buku catatan berisi pembuktian dari sebuah teorema yang penting. Catherine kemudian mengklaim bahwa itu adalah hasil kerjanya, namun tulisan tersebut menunjukkan bahwa itu adalah tulisan bapaknya.


4. Pi (1998)


Film Pi bercerita tentang Max, seorang matematikawan jenius yang mempercayai bahwa segala sesuatu di dunia ini dapat dipahami dengan bilangan. Dia berusaha menemukan bilangan yang mampu membuka tentang pola-pola universal di alam ini. Max kemudian memulai dengan membuat sekumpulan prediksi berdasarkan perhitungan di komputernya, Euclid. Film Pi menampilkan
beberapa referensi matematika dan teori-teori matematika, misalnya Max menemukan bahwa golden spiral ada dimana-mana termasuk di bursa efek.


5. 21 (2008)


Film 21 adalah sebuah film yang bergenre drama. Film ini diadaptasi dari kisah nyata tim Blackjakc MIT. Secara garis besar, film ini mengisahkan tentang Ben Campbell, seorang mahasiswa matematika MIT, yang lulus di sekolah medikal Harvard namun tidak mampu membayar uang kuliahnya. Ben pun kemudian mengikuti seleksi beasiswa bergensi Robinson Scholarship, yang akan
membayar semua biaya kuliahnya di Harvard.

Direktur beasiswa tersebut mempersyaratkan bahwa penerima beasiswa tersebut adalah orang yang mampu membuatnya takjub. Di MIT, Ben ditantang oleh professornya Micky Rosa, dengan Monty Hall Problem yang diselesaikannya dengan benar. Micky kemudian memanggil Ben masuk ke dalam tim Balckjack yang dipimpinnya untuk bertanding dan berjudi di Las Vegas. Diakhir cerita, ditampilkan bahwa akhirnya Ben Campbell berhasil membuat direktur beasiswa tersebut takjub dan ia pun memperoleh beasiswa tersebut.


6. The Oxford Murders (2008)


Film the oxford murders adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama. Film ini mengisahkan tentang usaha seorang professor dan mahasiswanya di Oxford secara bersama-sama
untuk menghentikan serangkaian pembunuhan yang terjadi dan mengindikasikan simbol-simbol matematika. Pada film ini, terjadi beberapa perdebatan tentang konsep-konsep matematika, fisika dan filsafat seperti Wittgenstein’s rule- following paradox, Heisenberg’s Principle of Uncertainty, Gödel’s Theorem, circles, the Vesica Piscis, the Taniyama conjecture, the tetraktys and the Pythagoreans .


7. Rain Man (1988)


Rain Man merupakan film yang terkenal pada masanya, memenangkan sebanyak 4 kali penghargaan OSCAR. Film ini menceritakan tentang kehidupan nyata seorang sarjana bernama Kim Peek (merupakan manusia Ingatan Fotografis), yang di anggap merupakan sarjana paling brilian di dunia. Kim Peek dapat membaca 2 halaman buku dalam waktu sekitar 10 detik dengan kedua matanya, dan dia bisa mengingat 98 % informasi dari yang dia baca, ia bahkan mengingat lebih dari 12.000 buku tentang geografi, sejarah, sastra, dll.

Film Rain Man walau tidak seluruh nya menceritakan kehidupan nyata Kim Peek, terdapat unsur kisah fiksi di dalam film tersebut. Di perankan oleh aktor terkenal yaitu Dustin Hoffman dan Tom Cruise.


8. Moneyball (2011)


Menceritakan tentang biografi Billy Beane (yang diperankan oleh Brad Pitt) melatih klub baseball yang tergolong “rendahan” hingga ia mampu meningkatkan kualitas tim dengan bermodalkan teori matematika yang dibawa oleh seorang sarjana ekonomi bernama Peter Brand (diperankan oleh Jonah Hill). Ketika gw menyebutkan “biografi” maka jelas film ini dilandaskan pada kisah nyata. Kisah nyatanya sendiri bisa gw bilang sudah cukup hebat, dan polesan script yang mumpuni menjadikan kisah "Moneyball" ini lebih spektakuler.


9. Cube (1997)


film ini menceritakan tentang tujuh orang yang tidak mengenal satu-sama lain terperangkap di sebuah kubus raksasa yang terbagi-bagi dalam ruangan-ruangan kecil yang juga berbentuk kubus. Masing-masing ruangan ini memiliki dinding yang berwarna berbeda dan dihubungkan oleh pintu-pintu mekanis, masing-masing dinding ruangan memilki satu pintu di tengahnya. Mereka tidak tahu bagaimana mereka bisa berada di sana, dan berusaha mencari jalan keluar. Dalam perjalanan ini mereka kemudian bersitegang dan bahkan saling adu fisik karena perbedaan pendapat.


10. The Imitation Game (2014)


The Imitation Game adalah film cerita seru sejarah Britania Raya tahun 2014 mengenai Alan Turing, seorang matematikawan, logikawan , kriptoanalis, dan ilmuwan komputer Inggris, tokoh yang berperan penting dalam membajak kode Enigma Jerman Nazi yang membantu Sekutu memenangkan Perang Dunia II , ia kemudian dituntut secara pidana karena mengaku sebagai homoseksual .


11. 21 Grams (2003)


Paul Rivers (Sean Penn) yang seorang profesor matematika namun sakit – sakitan, pada suatu ketika harus menerima kenyataan bahwa ia butuh bantuan pencangkokan jantung. Mukjizat terjadi dimana ketika waktu terus bergulir, Paul mendapatkan donor dari seorang pria yang tewas akibat kecelakaan mobil. Belakangan diketahui, donor tersebut adalah suami dari Christine Peck (Naomi Watts). Merasa iba dengan tragedi yang menimpa ibu muda yang juga harus merelakan kehilangan dua putrinya dalam kecelakaan yang sama itu, Paul nekat menemui Christine untuk menunjukkan rasa simpatinya.

Christine yang pada mulanya dingin bagaikan es, luluh juga oleh perhatian dan kesabaran Paul. Hingga suatu ketika Paul mengaku bahwa dialah donor penerima jantung Michael, suami Christine. Sempat kenyataan ini membuat Christine terhenyak dan berang, namun tak urung perasaan cintanya pada Paul sanggup mengikisnya. Di tengah masa berkabungnya, ia bahkan meminta Paul membunuh Jack Jordan (Benicio del Toro), tersangka pembunuh suami dan kedua putrinya itu.


12. Suspect X (2008)


Film ini bercerita tentang matematikawan Tetsuya Ishigami dan fisikawan Manabu Yukawa. Dikisahkan bahwa sebuah kasus pembunuhan telah terjadi dan polisi tidak mampu menemukan kajanggalan dalam alibi tersangka, ibu Yasuko Hanaoka. Detektif Kaoru Utsumi, kemudian meminta bantuan professor Manabu Yukawa, yang pada awalnya menganggap bahwa kasus tersebut tidak ada hubungannya dengan fisika dan kemudian menolaknya.

Setelah bertemu kembali dengan teman lamanya yang pintar bernama Tetsuya Ishigami, dia kemudian tertarik dengan kasus pembunuhan tersebut dan menduga bahwa Ishigami jatuh cinta dengan Ibu Yasuko Hanaoka dan terlibat dalam kasus pembunuhan tersebut. Ia kemudian berhasil membongkar alibi tersangka Yasuko Hanaoka yang dirancang oleh Tetsuya Ishigami sebagai bentuk cintanya kepada Yasuko Hanaoka.


13. Fermat's Room (2007)


Cerita Intinya, ada empat ahli matematika diundang ke sebuah perhelatan misterius oleh seseorang yang mengaku bernama Fermat. Mereka tidak diizinkan membawa alat komunikasi, mereka harus menyembunyikan identitas mereka masing-masing, dan mereka diminta menggunakan pseudonim (nama samaran) sebagai panggilan. Akhirnya, tibalah keempat matematikawan
tersebut di tempat perhelatan misterius itu diadakan. Tempat tersebut di luar perkiraan mereka.

Mereka mulai menyadari ada yang tidak beres ketika ruangan mendadak terkunci dari luar. Melalui PDA yang ada di ruangan tersebut, mereka dikirimi beberapa teka-teki ( enigma ) dan mereka harus memecahkannya dalam waktu satu atau dua menit. Jika tidak, maka dinding-dinding akan bergeser ke dalam, ruangan menyempit dan menghimpit mereka hingga tewas.

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here